Inilah Masjid Pertama di Tanah Papua

Di Papua ternyata ada sebuah masjid yang berusia 145 tahun yang terletak Kabupaten Fakfak.

StatusPagi.com – Masjid Tua Patimburak masih gagah berdiri dan masih dimanfaatkan oleh umat muslim setempat untuk menjalankan sholat lima waktu. Masjid yang disebut-sebut tertua di Papua ini memiliki gaya arsitektur Eropa dan terletak di tepi pantai dengan pemandangan bukit hijau di hadapannya.

Baca juga : Insiden Pembakaran Mushola di Tolikara Papua, Wasekjen MUI : JK Ngawur Karena Disebabkan Speaker

Inilah Masjid Pertama di Tanah Papua

Masjid Al Yasin merupakan nama asli masjid ini. Lokasinya yang berada di Desa Patimburak dan usia masjid yang sudah begitu tua, oleh warga sekitar lebih familiar dengan nama Masjid Tua Patimburak. Untuk mengunjungi masjid ini, Anda bisa naik angkutan umum dari Kabupaten Fakfak ke Distrik Kokas yang memakan waktu dua jam, lalu dilanjutkan perjalanan satu jam dengan perahu ke Desa Patimburak.

Menurut sejarahnya, Masjid Tua Patimburak didirikan oleh seorang imam bernama Abuhari Kilian pada tahun 1870. Beliau adalah utusan Kesultanan Ternate yang ditugaskan untuk menyebarkan Islam di tanah Papua.

Dilihat arsitektur bangunanannya, Masjid Tua Patimburak lebih mirip gereja-gereja tua di Eropa. Dasar bangunannya dibuat segi enam sebagai lambang enam rukun iman yang menjadi dasar ajaran Islam. Di dalamnya terdapat 4 tiang penyangga yang serupa dengan struktur bangunan di Pulau Jawa.

 

Pada masa pendudukan Jepang di tanah air, Masjid Tua Patimburak ini pernah di bom oleh tentara Jepang. Bekas pecahan bom itu, menyisakan lubang menganga yang masih bisa disaksikan di pilar masjid.

Masjid Tua Patimburak atau Masjid Al Yasin saat ini menjadi tempat ibadah bagi sekitar 150 umat muslim di desa tersebut.[via Detik]


Kategori : Hikmah diterbitkan Friday, 24 July, 2015 oleh Siti Sofiati