Ketika Jamaah Tarawih Berpindah ke Mall di Akhir Ramadhan

Daya tarik Hari Raya yang semakin dekat, membuat jamaah tarawih Ramadhan berkurang. Mereka lebih memilih ke pusat perbelanjaan untuk mempersiapkan Lebaran.

StatusPagi.com – Bulan suci Ramadan biasanya selalu disambut dengan suka cita. Tarawih malam pertama, jamaah masjid atau musholla penuh berdesakan hingga ke pelataran. Setiap muslim seperti tidak ingin terlewatkan keberkahan Ramadhan dengan pahalanya yang berlipat dan ampunan dosa yang dijanjikan oleh Allah.

Ketika Jamaah Tarawih Berpindah ke Mall di Akhir Ramadhan

Sholat Isya yang dilanjutkan dengan Sholat Tarawih pada Bulan Ramadhan, menjadi amalan ibadah yang sangat sayang untuk dilewatkan. Dengan menjalankan sholat sunat ditambah witir secara berjamaah, 11 rakaat atau 23 rakaat, setiap muslim akan memperoleh pahala besar yang tidak bisa diperoleh pada bulan-bulan lainnya selain Ramadhan.

 

Tidak hanya Tarawih, jamaah Sholat Shubuh juga memenuhi masjid dan musholla. Jumlah jamaah yang lebih banyak ini tentu berbeda dengan jamaah Shubuh pada bulan-bulan lainnya.

Namun menjelang akhir Ramadhan, dimana keberkahan utama justru dijanjikan pada 10 malam yang terakhir ini, jamaah Tarawih justru semakin berkurang. Hal ini selalu terjadi setiap tahun.

Para jamaah Tarawih ini justru sibuk dengan urusan persiapan lebaran dengan memenuhi pusat perbelanjaan dan mal untuk membeli baju baru atau gadget baru. Ada juga yang sibuk berbelanja makanan dan minuman untuk hidangan saat lebaran tiba.

Tarawih memang tidak diwajibkan, tidak mengerjakannya pun tidak berdosa. Namun alangkah sayangnya jika ditinggalkan apalagi hanya untuk urusan dunia. Padahal Allah selalu menepati janji, limpahan pahalaNya akan diberikan bagi yang menjalankan ibadah sunat Tarawih di bulan Ramadhan.

Namun tampaknya, lebaran masih lebih penting buat mereka. Semoga Allah senantiasa memberi petunjuk yang lurus dan mempertemukan kembali dengan Ramadhan tahun depan dengan kesanggupan ibadah yang lebih baik dari tahun ini. Amiin.


Kategori : Hikmah, Sosial Media diterbitkan Monday, 13 July, 2015 oleh Siti Sofiati
Tags: ,