Kisah Tragis Pemeran ‘Si Kentung’ Dalam Film Tuyul & Mbak Yul

Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Al-Baqarah : 286)

StatusPagi.com – Kamu pernah menonton sinetron Tuyuk dan Mbak Yul? Kalau pernah, berarti masa kecil kamu bahagia. Selain karakter Tuyul yang diperankan Oni Syahrial, dalam sinetron tersebut juga ada karakter Si Kentung, jin penolong Tuyul yang bisa mengambang di lautan.

Kisah tragis Bambang Triyono, pemeran Si Kentung dalam sinetron Tuyul dan Mbak Yul, di ceritakan oleh seorang member Kaskus pada Hari Minggu 28 Juni 2015 kemarin.

Si Kentung Dalam Film Tuyul & Mbak Yul

Seorang pegawai Dinas Sosial DIY, Feriawan Agung Nugroho, terkejut begitu mengetahui bahwa salah satu lansia yang Ia layani adalah mantan artis sinetron yang pernah tenar di era 90-an. Pria tua tersebut adalah Bambang Triyono, pemeran Si Kentung dalam sinetron Tuyul dan Mbak Yul.

Menurut Feri, ‘Si Kentung’ ditemukan oleh Forkom Lanjut Usia setelah menggelandang dan di usir dari satu tempat ke tempat lainnya. Setelah ditemukan, ‘Si Kentung’ kemudian ditempatkan di sebuah  kamar kos-kosan sempit ukuran 3×4 di RT 5 RW 15, Ngangkruk, Sardonoharjo, Sleman, Yogyakarta. Biaya hidupnya ditanggung oleh para relawan yang menemukannya.

Di kamar sempit denga aroma kurang sedap tersebut, ‘Si Kentung’ di masa tuanya tidak lagi sanggup berdiri, kecuali duduk atau tidur saja. Untuk berpindah posisi, ia harus menggulingkan badannya. Menurut Feri, Bambang a.k.a ‘Si Kentung’ tinggal di kamar kos tersebut selama 3 bulan.

Feri menuturkan kisah ‘Si Kentung’ di masa tuanya tersebut pada akhir tahun 2014 lalu, yang kembali membuat heboh di kaskus setelah diposting hari Minggu (28/6) kemarin. Menurut Feri, dimasa jayanya, saat syuting sinetron Tuyul dan Mbak Yul masih berjalan, ‘Si Kentung’ bisa membawa pulang jutaan rupiah setiap kali pulang syuting.

Namun sayangnya, rezeki yang di terimanya itu seperti tanpa keberkahan. ‘Si Kentung’ di masa jayanya punya kebiasaan foya-foya. Uang yang diterima pada hari itu, bisa habis tanpa sisa di hari yang sama hanya untuk memuaskan diri sendiri.
Kisah Tragis Pemeran Si Kentung Dalam Film Tuyul & Mbak Yul

‘Si Kentung’ dimasa tuanya yang awet tambun, mengalami kelumpuhan. Sejak tahun 2010, ia tak mampu lagi melakukan aktivitas normal seperti biasanya. Setahun berselang, ia juga bercerai dengan istrinya. ‘Si Kentung’ tua akhirnya semakin terpuruk dan hidup menggelandang demi bisa makan sehari-hari.

Saat hidup menggelandang itulah ‘Si Kentung’ tua ditemukan oleh relawan yang memindahkannya ke kamas kos di Ngangkruk, Sardonoharjo, Sleman. ‘Si Kentung’ tua yang beberapa kali mengalami pengusiran ini, hidupnya ditanggung oleh para relawan tersebut. Namun kondisinya sudah sakit dan sulit untuk makan serta tidak mampu berdiri tegak.

Bambang atau ‘Si Kentung’ sempat satu dua kali di kunjungi oleh anaknya yang bekerja sebagai pencuci piring. Namun akhirnya, pemerintah melalui Dinas Sosial DIY yang melayani kehidupan di masa tuanya.

Bambang Triyono pemeran ‘Si Kentung’ dalam Sinetron Tuyul dan Mbak Yul saat ini sudah meninggal. Semoga kisah hidupnya bisa menjadi pelajaran untuk kita semua. [via Brilio]


Kategori : Hikmah, Sosial Media diterbitkan Monday, 29 June, 2015 oleh Siti Sofiati
Tags: