Manakah yang Lebih Baik, Tarawih 23 atau 11 Rakaat? Inilah Jawaban Cerdas Mahfud MD

Sebagian umat mempertanyakan perbedaan antara sholat tarawih 23 rakaat dan 11 rakaat. Inilah jawaban bijak mantan ketua MK Mahfud MD

StatusPagi.com – Sholat tarawih berjamaah di tanah air biasanya ada yang menjalankannya 11 rakaat dan sebagian lainnya 23 rakaat termasuk dengan sholat witir. Bahkan ada sebuah masjid yang menyelenggarakan dua tarawih dengan jumlah rakaat berbeda. Contohnya di Masjid Agung Surakarta.

mahfud

Umat Islam Indonesia juga mahfum bahwa mereka yang menjalankan ibadah sholat tarawih 11 rakaat mengikuti Muhammadiyah sementara yang menjalankan tarawih 23 rakaat adalah jamaah  Nahdlatul Ulama (NU).

Namun sebagian umat lainnya justru mempertanyakan kebaikan antara jumlah rakaat tarawih yang berbeda tersebut. Seperti pertanyaan seorang netizen kepada mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.

@mohmahfudmd prof, kalo sholat taraweh lebih baik yg 11 rakaat ato yg 23 rakaat prof?” akun @Nidya_Khalilla bertanya kepada Mahfud MD melalui Twitter.

Mantan Menteri Pertahanan di era Pemerintahan SBY menanggapai dengan sangat bijaksana pertanyaan yang selalu muncul setiap bulan Ramadhan tersebut. Menurut Mahfud MD, keduanya sama baiknya, asalkan dijalankan dengan ikhlas dan khusyu’. Yang tidak baik justru mereka yang hanya bisa meributkan mana yang lebih baik antara sholat tarawih 11 rakaat dan  23 rakaat.

Melalui akun Twitter-nya, ‏@mohmahfudmd, Beliau juga menuliskan bahwa boleh-boleh  seseorang lebih memilih sholat tarawih dengan 11 rakaat daripada 23 rakaat atau sebaliknya. Bahkan menurutnya, tidak sholat tarawih pun tidak ada dosa baginya. Namun kita perlu memanfaatkan rahmat Allah mumpung ada obral pahala.

Manakah yang Lebih Baik Tarawih 23 atau 11 Rakaat


Kategori : Uncategorized diterbitkan Wednesday, 24 June, 2015 oleh Siti Sofiati