Ahli Gizi : Sahur Dengan Mie Instan Bikin Tubuh Lemas dan Cepat Lapar

Menurut ahli gizi, konsumsi mie instan saja saat sahur akan membuat tubuh lemas dan cepat lapar.

StatusPagi.com – Konsumsi mie instan di tanah air sangat tinggi. Mie instan menjadi favorit karena praktis cara penyajiannya dan rasa serta aromanya selalu mengundang selera untuk kembali mengkonsumsinya.  Menurut ahli gizi, mie instan bukanlah jenis makanan yang memiliki gizi lengkap. Mie instan hanyalah makanan darurat, dikonsumsi jika tidak ada pilihan lain untuk dimakan.

Sahur Dengan Mie Instan Bikin Tubuh Lemas dan Cepat Lapar

Demikian penuturan dokter Spesialis Gizi Klinik Saptawati Bardosono  seperti dikutip dari Kompas. Menurutnya, mie instan juga tidak tepat untuk dijadikan menu santap sahur pada bulan Ramadhan ini .

Seringkali mereka yang terlambat bangun sahur, mencari jalan praktis dengan mengkonsumsi mie instan. Cara penyajian yang cepat, rasanya yang nikmat dan tentu saja mengenyangkan, menjadi alasan mereka untuk memilih mie instan sebagai menu sahurnya.

Padahal, konsumsi mie instan malah membuat tubuh tidak bertenaga saat berpuasa. Mie instan yang bahan dasarnya terbuat dari tepung, sangat mudah dicerna oleh lambung, sehingga akan cepat membuat lapar lagi. Mie instan juga disinyalir menggunakan bahan pengawet yang tidak baik untuk kesehatan.

Menurut ahli gizi Saptawati, jika memang dalam keadaan darurat harus mengkonsumsi mie instan, terutama saat makan sahur, bisa ditambahkan telur dan sayuran. Dengan tambahan telur dan sayuran tersebut, akan membuat tubuh memiliki tambahan tenaga saat menjalani puasa seharian.

Hal yang sama dikatakan oleh dokter Spesialis Gizi Klinik Tirta Prawira Sari. Menurutnya, menu sahur dan menu makan sehari-hari sebaiknya tidak dibedakan, harus mengandung gizi yang seimbang.

Dokter Tirta mencontohkan, dalam sebuah piring, isi setengahnya dengan sayur dan buah, sementara nasi hanya seperempat piring saja. Seperempat piring lagi sisanya diisi dengan lauk-pauk yang mengandung protein, hewani atau nabati.

Dengan konsumsi santap sahur yang mengandung protein, maka perut tidak akan cepat lapar karena makanan dengan protein tinggi lambat dicerna oleh lambung. Atau bisa juga dengan mengganti nasi dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks tinggi serat seperti bji-bijian.

btw, apa santap sahur kamu hari ini?


Kategori : Hikmah, Kesehatan, Sosial Media diterbitkan Monday, 22 June, 2015 oleh Siti Sofiati