8 Cara Meng-Khatam-kan Al Quran Selama Ramadan

Bisa khatam Al Quran pada bulan Ramadan ini menjadi dambaan setiap muslim. Berikut kiat meng-khatam-kan Al Quran dalam sebulan.

StatusPagi.com – Setiap muslim yang sedang menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan banyak yang mendambakan bisa menuntaskan bacaan Al Quran hingga selesai atau khatam dalam sebulan. Ada yang berhasil bahkan hingga 2 – 3 kali khatam, namun tidak sedikit pula yang gagal.

Al Quran Karim

Jika Anda berkeinginan kuat untuk bisa khatam Al Quran selama menjalani puasa Ramadhan ini, berikut 8 cara yang mungkin bisa membantu Anda menuntaskan bacaan 30 juz sebelum Ramadhan usai, seperti dikutip dari laman onislam.net, Selasa, 16 Juni 2015.

 

1. Membangun niat dan memperbaruinya

Setiap amalan di dunia ini tergantung dari niatnya. Niat baik untuk mengamalkan suatu tuntunan ibadah bisa menjadi pemacu semangat, terutama niat untuk khatam Al Quran selama bulan Ramadhan.

Niat juga perlu diperbarui sesering mungkin. Karena niat bisa saja pudar bahkan hilang tak berbekas karena adanya godaan lain. Akibatnya sulit untuk memulai lagi sebelum niat tersebut diperbarui dan diluruskan hanya karena Allah SWT.

2. Jangan merasa tidak mampu

Banyak yang gagal menuntaskan bacaan AL Quran karena merasa tidak akan mampu dan merasa kewalahan dengan banyaknya bacaan. Buang jauh-jauh kata-kata ‘Saya Tidak Mampu’ dari alam pikiran Anda.

Percayalah dengan niat kuat karena Allah SWT, Anda akan mampu meng-khatam-kan bacaan Al Quran 30 juz selama Ramadhan, bahkan mungkin lebih dari satu kali khatam.

 

3. Membuat rencana rutin waktu membaca Al Quran

Jika Anda sudah meniatkan diri untuk khatam Al Quran selama Ramadhan ini, maka Anda perlu membuat rencana rutinitas membaca Al Quran agar target tercapai.

Anda perlu tentukan waktu-waktu yang memungkinkan untuk membaca Al Quran yang tidak menganggu rutinitas harian lainnya misalnya tidak menganggu jam kerja. Anda bisa pilih setiap selesai sholat fardhu, saat senggang atau saat istirahat siang, menjelang tidur malam dan sebagainya.

Pastikan rencana yang Anda susun tersebut realistis untuk dijalani agar target khatam Al Quran dalam sebulan di bulan puasa ini bisa tercapai.

4. Pahami Al Quran

Dengan memahami terjemahan Al Quran, maka Anda bisa mendapatkan pengetahuan tentang makna yang Anda baca. Pemahaman akan arti yang telah dibaca bisa memacu semangat Anda untuk menuntaskan bacaan Al Quran hingga selesai

5. Tadarus bersama

Dengan tadarus bersama, maka Anda bisa saling menyemangati untuk meng-khatam-kan Al Quran di bulan Ramadhan. Teman atau saudara yang tadarus bersama bisa saling mengingatkan tujuan dan keutamaan menuntaskan bacaan 30 juz.

6. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya

Berikut waktu yang baik untuk membaca Al Quran, yaitu setelah makan sahur menunggu subuh, setelah sholat subuh atau sebelum berangkat kerja atau ke sekolah. Nabi Muhammad meminta kepada Allah untuk memberkati umat Islam di waktu awal-awal hari.

Seperti diungkapkan diatas, ada baiknya membaca Al Quran setiap setelah sholat wajib 5 waktu. Anda perhitungkan sendiri berapa kemampuan Anda berapa lembar atau berapa ‘ain setiap sholat fardhu agar target bisa tercapai khatam dalam sebulan.

7. Tetap sabar dan konsisten

Konsisten adalah kunci keberhasilan dalam setiap usaha dan amalan ibadah. Anda harus konsisten dengan rencana yang telah dibuat sebelumnya. Anda juga harus membuat ‘hukuman’ untuk Anda sendiri, jika target bacaan tidak tercapai sesuai dengan rencana awal. Bagaimana mengejar bacaan yang tertinggal tersebut.

Ingatlah untuk selalu sabar dalam konsistensi Anda menuntaskan bacaan Al Quran.

8. Selalu berdoa kepada Allah

Jangan lupakan untuk berdoa kepada Allah agar diluruskan niat dan dimudahkan jalan untuk mampu meng-khatam-kan Al Quran di bulan Ramadhan ini.[via Dream]


Kategori : Hikmah diterbitkan Thursday, 18 June, 2015 oleh Siti Sofiati