Sidang Isbat Tertutup Penentuan Awal Ramadhan Sore Ini

Penentuan awal Ramadhan akan ditentukan dalam sidang isbat yang akan dilaksanakan Selasa sore (16/6) ini.

StatusPagi.com – Kementerian Agama telah menyebarkan undangan kepada ulama, ormas Islam dan ahli astronomi untuk menghadiri sidang isbat penentuan awal Ramadhan. Sidang isbat akan dilaksanakan Selasa (16/6) sore ini secara tertutup di kantor Kemenag.

Sidang Isbat Tertutup Penentuan Awal Ramadhan Sore Ini

Menurut Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, undangan telah disebarkan kepada para pimpinan ormas Islam serta pakar astronomi untuk melakukan musyawarah penentuan awal Ramadhan serta presentasi dari masing-masing petugas yang mendapat amanat untuk melihat hilal.

Masih menurut Lukman, tidak ada perubahan yang signifikan dalam penentuan awal Ramadhan kali ini. Kemenag juga telah menugaskan setiap provinsi di Indonesia untuk mengamati hilal. Perbedaan kali ini sidangnya akan berlangsung secara tertutup dan hasilnya akan disampaikan secara terbuka ba’da maghrib.

 

Jika ada petugas pengamat yang melihat hilal sore ini, maka hari Rabu merupakan 1 Ramadhan. Namun jika tidak ada satupun petugas yang bisa melihat hilal, maka Sya’ban digenapkan menjadi 30 hari, sementara 1 Ramadhan akan jatuh pada hari Kamis (18/6).

Jika penentuan awal Ramadhan ‘versi pemerintah’ masih menunggu sidang isbat sore nanti, ormas Islam Muhammadiyah sudah sejak beberapa minggu yang lalu menentapkan 1 Ramadhan akan jatuh pada 18 Juni 2015.


Kategori : Hikmah, Sosial Media diterbitkan Tuesday, 16 June, 2015 oleh Siti Sofiati