Selamat! Siswa Jogja Paling Jujur Saat UN SMA

Berita, Ujian Nasional

Menteri Anies

Jogja istimewa. Penasbihan sebagai Kota Pelajar sepertinya tidak perlu kita ragukan kembali. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan, menobatkan Jogja sebagai jawara Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) 2016.

“Yogyakarta menjadi provinsi dengan indeks integritas tertinggi, baik pada IPA dan IPS,” ujar Anies sebagaimana dikutip dari Okezone.com

Proses penghitungan IIUN didasarkan pada sekolah yang menggunakan Ujian Nasional Tulis, sedangkan sekolah yang menggunakan Ujian Nasional Berbasis Komputer diikutkan dalam penghitungan IIUN. Hal ini dikarenakan UNBK dianggap minim tingkat kecurangannya sehingga hanya Ujian Nasional Tulis saja yang dipakai.

Setelah Jogja, wilayah peraih IIUN berikutnya pada kelompok IPA adalah Bangka Belitung dan Banten. Sedangkan kelompok IPS adalah Bangka Belitung dan DKI Jakarta.

Semoga hal ini dapat lebih memacu jiwa kejujuran para siswa dan sekolah dalam menjalani Ujian Nasional. Perlu diperhatikan juga adalah justifikasi apabila daerah dengan IIUN rendah berarti daerah tersebut kurang jujur. Ini yang perlu diluruskan bersama supaya daerah berlomba-lomba bukan dalam hal kelulusan siswa 100% dengan segala cara tetapi berlomba-lomba menerapkan kejujuran di sekolahnya.

Leave a Reply