Panitia SNMPTN 2016 Selidiki Gagalnya 380 Siswa SMAN 3 Semarang

SNMPTN

kampusokezone

JAKARTA – Gagalnya 380 siswa SMAN 3 Semarang dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016 mendapat perhatian serius pemerintah. Meski tidak akan mendapat perlakukan istimewa, panitia berjanji akan menyelidiki masalah ini hingga tuntas.

Koordinator kelompok Kerja Humas Panitia SNMPTN 2016 Bambang Hermanto menjelaskan, panitia telah membentuk tim investigasi dari berbagai unsur untuk membedah masalah ini. Bambang menjelaskan, Panitia Nasional SNMPTN 2016 akan melayani kasus ini dengan sepenuh hati.

“Perlu diketahui, bahwa sesungguhnya juga suatu kerugian bagi panitia dan juga bangsa jika siswa dengan prestasi terbaik tidak menjadi mahasiswa, terutama di kampus negeri. Panitia pun tidak menghendaki kejadian seperti ini namun panitia memang sudah membuat sistem yang berteknologi tinggi agar siswa pendaftar terlindungi haknya. Meskipun pengisiannya memerlukan kecermatan yang tinggi,” papar Bambang.

Dosen Universitas Padjadjaran ini menjelaskan, sekolah seharusnya lebih cermat membaca petunjuk pengisian. Selain itu juga berhati-hati dalam mengisi PDSS dan melakukan pengisian lebih awal.

“Sehingga apabila ditemukan kejanggalan atau bahkan kekeliruan masih tersedia cukup waktu untuk memperbaikinya. Selain itu juga selalu cek dan ricek untuk setiap data yang diisikan,” terangnya.

Seperti diketahui, siswa SMAN 3 Semarang jurusan IPA reguler gagal dalam SNMPTN 2016. Peristiwa ini ditengarai karena kesalahan mekanisme pengisian PDSS oleh sekolah.

Tahun ini, dari 645.202 peserta terdaftar, hanya 115.178 yang lulus SNMPTN 2016. Di antara mereka, ada 24.506 siswa pendaftar Bidikmisi yang lulus seleksi jalur undangan tersebut. Mereka akan mengenyam studi sarjana di 76 perguruan tinggi negeri (PTN) Tanah Air.

Ikuti Try Out SBMPTN 2016 Okezone Pada Senin, 23 Mei di Gedung SMESCO. Info lengkap klik laman tryout.okezone.com. Segera daftar, banyak hadiah menarik menanti!

(rfa)

sumber : okezone.com