Inilah Lembaran Al Quran yang Diyakini Dibuat Saat Rasulullah Masih Hidup

Lembaran tulisan ayat suci Alquran yang tersimpan di perpustakaan University of Birmingham, Inggris ini diyakini berasal dari periode 568-645 M, masa ketika Rasulullah masih hidup.

StatusPagi.com – Naskah kuno berhuruf arab Hijazi yang awalnya tidak disadari keberadaannya, tersimpan di perpustakaan University of Birmingham, Inggris hampir seabad lamanya. Naskah tersebut ternyata adalah sebuah bagian dari Al Quran yang menurut tes radiokarbon berusia sekitar 1.370 tahun.

Lembaran Al Quran yang Diyakini Dibuat Saat Rasulullah Masih Hidup 01

Naskah kuno itu diketahui merupakan bagian dari Mingana Collection, sebuah koleksi yang memuat  3 ribu dokumen dari Timur Tengah. Dokumen dan naskah kuno tersebut dikumpulkan oleh Alphonse Mingana, seorang Imam Kasdim (Chaldeans) yang lahir dekat Mosul, Irak pada 1920-an.

Alphonse Mingana mendapat sponsor dari Edward Cadbury, jutawan pemilik merk produk coklat terkenal dunia untuk mencari dan mengumpulkan naskah-naskah kuno tersebut.

Upayanya mengumpulkan naskah-naskah kuno di Timur Tengah disponsori oleh Edward Cadbury — jutawan yang menjadi bagian dari dinasti pembuat cokelat terkenal dunia.

Naskah kuno tersebut kemudian diteliti oleh seorang doktor ahli dengan melakukan uji penanggalan radiokarbon. Hasil tes radiokarbon tersebut sungguh mencengangkan, manuskrip itu berusia 1370 tahun atau berasal antara tahun 568 dan 645 Masehi.

Lembaran Al Quran yang Diyakini Dibuat Saat Rasulullah Masih Hidup 06

Dari hasil uji radiokarbon tersebut, naskah ini menjadi  salah satu versi Al Quran paling awal yang dibuat manusia yang pernah ditemukan. Bahkan direktur koleksi khusus University of Birmingham, Susan Worrall tidak mengira sama sekali naskah yang tersimpan tersebut memiliki usia demikian sepuh.

Ahli dari Perpustakaan Inggris atau British Library, Dr Muhammad Isa Waley menyebutkan, naskah kuno Al Quran itu ditulis menggunakan huruf arab Hijazi, versi awal huruf arab. Huruf-huruf dari firman Tuhan tersebut ditulis di atas lembaran kulit domba atau sapi. Ini merupakan salah satu teks tertua Al Quran yang selamat dari perubahan zaman.

 

Lembaran Al Quran yang Diyakini Dibuat Saat Rasulullah Masih Hidup 05

 

Uji radiokarbon sendiri memang memunculkan berbagai kemungkinan umur suatu obyek yang diteliti. Meski tak mungkin mengklaimnya sebagau naskah Al Quran tertua di dunia, namun penanggalan yang di buat oleh University of Birmingham yakni berasal dari tahun 645 M, menjadikan naskah ini menjadi salah satu naskah paling kuno.

Umat Muslim memiliki keyakinan, Al Quran yang di wahyukan kepada Nabi Muhammad SAW, lebih sering di hafal daripada dituliskan. Al Quran kemudian mulai di bukukan antara tahun 610 dan 623 M setelah Beliau wafat.

Namun menurut Profesor Thomas, uji penanggalan radiokarbon menunjukkan, sangat mungkin naskah Al Quran ini ditulis oleh orang yang hidup di masa yang sama dengan Rasulullah.

Lembaran Al Quran yang Diyakini Dibuat Saat Rasulullah Masih Hidup 04

Sosok yang menulis naskah tersebut mungkin mengenal sosok Nabi Muhammad. Ia mungkin bertemu dengan Sang Rasul, mungkin juga mendengar langsung syiarnya. Penulis itu bisa jadi mengenal sosok Nabi secara pribadi,” demikian penuturan Profesor Thomas seperti dikutip dari Liputan6.

Pada masa itu, ayat-ayat Al Quran di tulis di atas batu, daun, tulang belikat unta dan sebagainya. Pembukuan Al Quran sendiri baru rampung pada masa Khalifah Usman pada tahun 650 Masehi.

 

Dr Muhammad Isa Waley, mengatakanbahwa naskah yang terdiri atas 2 lembar tersebut merupakan hasil tulisan tangan menggunakan huruf Hijazi yang indah. Naskah ini bisa dipastikan berasal dari masa 3 khalifah: Abu Bakar, Umar bin Khatab, dan Usman bin Affan.” Antara tahun 632 dan 656.

Naskah  tersebut menuliskan atau memuat ayat-ayat yang terdapat pada Kitab Suci Al Quran surat ke 18 hingga ke 20. Tulisan huruf arab Hijazi tersebut jika dilafalkan atau dibacakan, tidak ada bedanya dengan bacaan Al Quran masa sekarang untuk surat atau ayat yang sama.

 

Dr Muhammad Isa Waley menyebutkan, keindahan isi dan tulisan Hijazi ini masih sangat jelas terbaca.

Lembaran Al Quran yang Diyakini Dibuat Saat Rasulullah Masih Hidup 03

Pihak University of Birmingham berjanji akan memamerkan naskah kuno Al Quran tersebut untuk umum. Komunitas muslim di Inggris sendiri sangat bersuka cita dengan temuan tersebut.

Muhammad Afzal, pemimpin Birmingham Central Mosque, sempat berlinang air mata saat menyaksikan naskah kuno Al Quran tersebut. Ia menyakini, akan banyak orang Inggris dan muslim dari seluruh dunia akan datang ke Birmingham untuk melihat sendiri naskah kuno tersebut.

Profesor Thomas bahkan menyebutkan naskah ini sebagai “harta yang tidak ada duanya”, sebuah naskah Al Quran tertua yang pernah ditemukan saat ini. Ini juga menjadi saksi kebenaran Al Quran seperti terdapat dalam Surah Hijr ayat 9, “Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar- benar memeliharanya.” [via Liputan6]
Lembaran Al Quran yang Diyakini Dibuat Saat Rasulullah Masih Hidup 02

Berikut video saat naskah kuno tersebut dibaca atau dilafalkan.



Kategori : Hikmah, Sosial Media, Teknologi diterbitkan Kamis, 23 Juli, 2015 oleh Siti Sofiati