Hari Ini Penentuan Awal 1 Syawal dan Pelurusan Arah Kiblat

Selain penentuan 1 Syawal , hari ini juga penentuan pelurusan arah kiblat karena posisi matahari berada persis di atas Ka’bah

StatusPagi.com – Kamis 16 Juli 2015, hari ini, akan digelar sidang isbat penentuan awal 1 Syawal. Selain itu hari ini posisi matahari berada persis di atas Ka’bah. Fenomena tersebut menjadi pedoman untuk meluruskan arah kiblat sholat (yaumu rashdil qiblat).

rq1

Petang nanti, saat matahari terbenam, akan dilakukan pengamatan bulan baru (rukyat) untuk mengetahui awal bulan Syawal atau akhir Ramadhan tahun ini. Menurut Ustaz AR Sugeng, Pengasuh Club Astronomi Santri Pesantren Modren Assalam (CASSA) Sukoharjo, jika posisi bulan sudah cukup tinggi sehingga bisa dilihat, maka besok 17 Juli masuk bulan Syawal. Umat Islam harus melaksanakan Sholat Ied.

Dalam penjelasannya, Ustaz AR Sugeng menyebut metode perhitungan (hisab) menunjukkan ketinggian atau posisi bulan sudah diatas 3 derajat. Jika pada posisi tersebut, maka bulan akan bisa diamati secara langsung (rukyat). Ketentuan bulan bisa di rukyat adalah 2 derajat. Untuk kepastiannya, kita masih harus menunggu sore petang nanti.

Hari ini juga, umat Islam bisa meluruskan arah kiblatnya dengan berpedoman pada posisi matahari. Sebelum matahari terbenam sore hari nanti, atau tepatnya pukul 16.27 WIB, matahari akan tepat berada di atas Ka’bah. Pada saat itulah, seluruh bayangan benda bakalan tepat mengarah ke arah Ka’bah.

Fenomena matahari tepat berada diatas Ka’bah ini akibat adanya peredaran semu perlintasan matahari dari selatan ke utara, dan juga sebaliknya. Kota Makkah ikut terlalui garis peredaran semu tersebut sebanyak 2 kali dalam setahun. Untuk tahun 2015 ini, matahari tepat berada diatas Ka’bah selain terjadi hari ini, sebelumnya juga terjadi pada 28 Mei 2015.

Kalangan muslim tradisional menyebut fenomena ini sebagai¬†yaumu rashdil qiblat atau hari penetapan kiblat. Tepat pukul 16.27 WIB sore nanti seluruh bayangan akan tepat mengarah ke Ka’bah. Fenomena ini bisa dimanfaatkan untuk mengoreksi arah kiblat masjid.


Kategori : Hikmah, Teknologi diterbitkan Kamis, 16 Juli, 2015 oleh Siti Sofiati