Heboh Sholat Tarawih 23 Rakaat Hanya 10 Menit di Blitar

Mungkin inilah Sholat Tarawih tercepat di dunia, 23 rakaat hanya butuh waktu sekitar 10 menit saja.

StatusPagi.com – Umat Islam di Tanah Air, biasanya menjalankan ibadah Sholat Tarawih dengan 11 rakaat dan sebagian lainnya 23 rakaat termasuk dengan sholat witir. Untuk menyelesaikan sholat dengan 11 rakaat butuh waktu sekitar 20 menit, dan tentunya lebih lama untuk menjalankan 23 rakaat.
Heboh Sholat Tarawih 23 Rakaat Hanya 10 Menit di Blitar

Namun pelaksanaan Sholat Tarawih di Pondok Pesantren Mambaul Hikam, Blitar, bisa jadi merupakan yang tercepat di dunia. Bagaimana tidak? Dengan jumlah rakaat 23, pelaksanaan Sholat Tarawih di Ponpes tersebut berlangsung hanya sekitar 10 menit saja.

Jamaah yang ikut dalam Sholat Tarawih super cepat tersebut juga lumayan banyak, hingga 5 ribu orang. Jamaah tidak hanya warga Ponpes saja, tapi juga datang dari warga sekitar Ponpes, bahkan ada yang datang dari luar Blitar.

Media Detik yang melakukan konfirmasi ke Pimpinan Pondok Pesantren Mambaul Hikam, KH Dliya’uddin Azzamzami (45), mengakui memang pelaksanaan sholat berlangsung cepat. Meski demikian, menurut beliau, pelaksanaan sholat tersebut tidak mengurangi rukun atau syarat sholat atau keluar dari syariat hukum Islam.

Sholat Tarawih kilat di Ponpes Mambaul Hikam sudah dilakukan sejak tahun 1907 bersamaan dengan berdirinya masjid di ponpes tersebut. Tarawih cepat tersebut sudah menjadi tradisi ponpes, demikian menurut KH Dliya’uddin atau yang akrab di panggil Gus Dliya.

Di Ponpes tersebut, sholat dengan gerakan cepat ini hanya dilakukan untuk sholat Tarawih dan Witir saja, sementara untuk pelaksanaan sholat fardhu dilakukan secara normal, seperti pelaksanaan sholat pada umumnya.

 

Baca Juga : Manakah yang Lebih Baik, Tarawih 23 atau 11 Rakaat? Inilah Jawaban Cerdas Mahfud MD

Video rekaman sholat Tarawih kilat super cepat di Ponpes Mambaul Hikam juga bisa disaksikan di Youtube. Video yang diunggah sejak 2012 lalu tersebut tampak gerakan sholat 2 rakaat hanya butuh waktu sekitar 30-40 detik saja.

 

Berikut video sholat tarawih kilat di Blitar tersebut

 


Kategori : Hikmah, Sosial Media diterbitkan Jumat, 26 Juni, 2015 oleh Siti Sofiati