Allah Mengabulkan Doa HambaNYA Melalui 3 Cara

Allah tidak pernah ingkar janji, Allah pasti mengabulkan setiap doa hambanya.

StatusPagi.com – Dalam Al Quran, Allah berfirman, “Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo`a apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. “(QS.Al- Baqarah :186)

Allah mencintai hambaNYA yang senantiasa berdoa memohon kepadaNYA. Sekuat-kuatnya manusia, ia tetap membutuhkan pertolongan dari yang Maha Kuasa, maka dengan berdoa kepadaNYA seorang hamba akan ditolong olehNYA.
Allah Mengabulkan Doa HambaNYA Melalui 3 Cara

Dalam sebuah hadist riwayat imam Ahmad dari Abu Said al-Khudri Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda yang artinya :

“Tidaklah seorang muslim memohonkan doa kepada Allah selama doa-doa tersebut tidak mengandung dosa serta memutuskan silaturahim (antar kerabat / antar sahabat) kecuali Allah akan memberikan pada yang memohon doa tersebut tiga hal:
[1] Allah mengabulkan doa secara seketika,
[2] Allah akan menyimpan doa hamba tersebut hingga di akhirat kelak, serta
[3] Allah akan menjauhkan dari hamba yang memohon doa tersebut kejelekan yang semisal.”

Para sahabat kemudian berkata, “Jika demikian kami akan memperbanyak untuk berdoa.

”Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas berkata, “Allah nanti yang memperbanyak mengabulkan doa-doa kalian.” (HR. Ahmad 3/18. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanadnya jayyid).

Maka rajin-rajinlah kita memanjatkan doa apalagi setiap doa kita pasti dikabulkan Allah.

Menurut Prof Yuseran Alman, Allah pasti mengabulkan setiap doa hamba yang memohon kepadaNYA. Hal itu adalah kepastian dari Allah, dan Allah tidak pernah mengingkari janji.

Namun sebagai peminta, pemohon doa, seorang hamba juga wajib untuk mengetahui bagaimana cara Allah mengabulkan setiap doa hambanya, seperti yang di sabdakan Rasulullah diatas.

3 Cara Allah Mengabulkan Doa

Dari sabda Rasul diatas bisa dipahami bahwa Allah memiliki cara sendiri bagaimana mengabulkan doa-doa hambaNYA. Pertama, Allah seketika itu juga mengabulkan sebuah doa hamba seperti dimohonkan kepadaNYA.

Kemudian cara kedua, Allah menyimpan doa dan menyempurnakannya hingga di akhirat kelak, karena Allah menganggap tidak tepat untuk mengabulkannya saat ini. Atau Allah akan menggantinya dengan yang lebih baik.

Terakhir, Allah menunda mengabulkan doa sampai pada waktu yang lebih baik. Prof Yuseran Alman mencontohkan, jika tiba-tiba saja hari ini kita mendapat rezeki atau kebaikan yang tak terduga-duga, kita selayaknya menyadari bahwa itulah doa kita yang ditunda oleh Allah, dan baru Allah perkenankan di hari yang tepat.

Baca juga : Waktu Utama Memanjatkan Doa di Bulan Ramadhan

Dengan memahami cara kerja Allah mengabulkan setiap doa hambaNYA, maka sudah selayaknya kita terus memohonkan doa tanpa putus asa dan berprasangka buruk kepada Allah dalam berdoa. Yakinlah Allah akan mengabulkan doa kita dengan cara-cara yang indah dan tepat pada waktu kita membutuhkannya.


Kategori : Hikmah diterbitkan Selasa, 23 Juni, 2015 oleh Siti Sofiati