Waktu Utama Memanjatkan Doa di Bulan Ramadhan

Ada 3 waktu utama dikabulkannya setiap doa di bulan Ramadhan

StatusPagi.com – Bulan Ramadhan adalah bulan istimewa, pada bulan mulia ini orang yang berpuasa akan memperoleh pengampunan dosa. Bulan Ramadhan adalah bulan dimana doa-doa dikabulkan tanpa tertunda.

Selain ganjaran pahala yang berlipat-lipat jika suatu tuntunan ibadah diamalkan dan dilakukan, pada bulan Ramadhan ini, setiap doa akan dikabulkan oleh Allah SWT terutama doa pengampunan dosa. Setiap muslim bisa berdoa kapan saja di bulan Ramadhan, namun ada 3 waktu utama dikabulkannya setiap doa pada bulan penuh ampunan dosa ini.

doa-sebelum-berbuka

Berikut 3 waktu utama dikabulkannya setiap doa pada bulan Ramadhan.

1. Doa Ketika Waktu sahur
Nabi Muhammad SAW bersabda seperti yang diriwayatkan oleh Bukhari no. 1145 dan Muslim, no. 758, Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari, no. 1145 dan Muslim, no. 758).

Lebih lanjut lagi, Ibnu Hajar menjelaskan hadits dari Bukhari & Muslim di atas dalam Fath Al-Bari, 3: 32, Beliau berkata, “Do’a dan istighfar di waktu sahur mudah dikabulkan.”.

2. Doa Saat berpuasa
Mereka yang sedang menjalankan puasa di bulan Ramadhan dianjurkan untuk banyak berdoa demi urusan akhirat dan urusan dunianya. Mereka juga diperkenankan berdoa untuk hajat yang hendak ia tunaikan. Mereka juga diminta untuk berdoa untuk kebaikan kaum muslimin seluruhnya [ Imam Nawawi rahimahullah dalam Al-Majmu’, 6: 273 ].

Berikut hadits Nabi Muhammad SAW tentang doanya orang puasa yang tidak tertolak.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad 2: 305. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih dengan berbagai jalan dan penguatnya)

Baca juga : Inilah Waktu Utama Sholat Dhuha

3. Doa ketika berbuka puasa
Dalam Tuhfah Al-Ahwadzi (7: 278) tertuliskan bahwa waktu utama sebuah doa mudah dikabulkan adalah saat berbuka puasa. Pada saat itu, mereka yang telah ikhlas menjalani puasa seharian telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri. Disarankan untuk banyak berdoa di saat waktu berbuka puasa ini.

Demikianlah 3 waktu utama doa yang mudah dikabulkan saat bulan Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa fardhu dan jangan lupa banyak berdoa kepada Allah SWT terutama doa permohonan ampunan dosa.


Kategori : Hikmah diterbitkan Kamis, 18 Juni, 2015 oleh Siti Sofiati