Inilah Negeri Tanpa Mengenal Malam, Lalu Bagaimana Cara Berpuasanya?

Belahan Bumi bagian utara, pada musim panas ini tidak akan mengalami saat dimana matahari terbenam. Bagaimana cara berpuasa di wilayah tersebut?

cucok.com – Bagi umat muslim, puasa di bulan Ramadhan adalah amalan wajib yang mesti dijalani sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Tetapi jika umat muslim tersebut tinggal di negeri yang matahari-nya tidak pernah terbenam, bagaimana cara berpuasanya?

Negeri Tanpa Mengenal Malam

Selama musim panas bulan Juni hingga Juli setiap tahunnya, di Tromso yang termasuk ke dalam wilayah Arctik di negara Norwegia, matahari akan selalu gagah bersinar setiap harinya. Foto diatas adalah pemandangan pada pukul 10 malam. Di Tromso ada sedikitnya 800 umat muslim yang tinggal di sana.

Kondisi tidak berbeda dialami umat muslim di di wilayah Skandinavia atau Alaska.di wilayah Skandinavia atau Alaska. Begitu juga yang terjadi di sebagian wilayah Finlandia.

Arctic Region

Pada gambar diatas, garis merah menunjukkan isoterma 10°C pada bulan Juli, yang umumnya digunakan untuk mendefiniskan perbatasan wilayah Arktik, via Wikipedia. Wilayah di dalam garis merah tersebut akan selalu menikmati sinar matahari selama 24 jam pada musim panas setiap tahunnya.

Hampir mustahil menjalankan ibadah puasa di wilayah Arktik pada musim panas karena matahari tidak pernah terbenam. Para ulama setempat berusaha mencari solusi agar umat Islam di wilayah Arktik bisa menjalani puasa secara nomal.

Akhirnya, Islamic Centre of Northern Norway mendapatkan solusi setelah mengumpulkan ulama dan para imam di wilayah Troms dan Finnmark, dimana terdapat sekitar 2000 umat muslim tinggal disana. Fatwa yang dikeluarkan adalah, jika bulan puasa jatuh pada musim panas dimana matahari tidak terbenam selama 24 jam, maka sistem waktu Mekah berlaku di wilayah tersebut. Fatwa ini berlaku untuk seluruh wilayah utara Norwegia yang selalu disinari matahari lebih dari 20 jam.

Sementara di Alaska, belum ada kesepakatan resmi berpuasa saat matahari tak pernah terbenam. Sebagian mengikuti waktu Mekkah sementara sebagian lainnya mengikuti waktu kota terdekatnya, yakni Seattle. Demikian penuturan Osama Obeidi dari Islamic Community Centre di Anchorage Alaska.

Hal yang sama juga berlaku Kota Boden, Swedia. Kota di ujung utara Swedia tersebut yang didiami sekitar setengah juta muslim, mengikuti waktu kota terdekat yaitu Kota Malmo.

 

Fatwa ulama di Arab Saudi tetap mewajibkan sholat lima waktu dan puasa di bulan Ramadhan bagi negara dimana matahari tidak terbenam selama musim panas atau tidak terbit selama musim dingin atau siang harinya bertahan selama enam bulan dan malamnya selama enam bulan berikutnya. Waktu Sholat dan sahur serta berbuka selama puasa Ramadhan mengikuti negara terdekat.

Berikut video pemandangan negeri tanpa mengenal malam pada musim panas

 



Kategori : Hikmah, Sosial Media diterbitkan Rabu, 17 Juni, 2015 oleh Siti Sofiati