8 Cara Persiapan Diri untuk Ramadhan

Berikut 8 cara persiapan yang perlu dilakukan untuk menyambut datang bulan suci Ramadhan.

Statuspagi.com – Dalam hitungan hari, Ramadhan segera datang di tengah-tengah kita. Melalui penentuan sidang isbat sore ini, pemerintah akan menetapkan awal Ramadhan akan jatuh esok hari atau lusa (18/6). Apa yang sudah Anda siapkan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan?

Marhaban Ramadhan

Dilansir dari On Islam, ahli Fikih Islam dari Universitas Internasional Islam Malaysia, Dr Sano Koutoub Moustapha mengatakan ada delapan cara yang perlu dipersiapkan bagi kaum muslim beriman saat menjalani puasa wajib bulan Ramadhan.

 

8 Cara Persiapan Diri untuk Ramadhan

1. Rajin berdoa setiap hari.

Berdoa memohon kepada Allah agar senantiasa diberi kesehatan dalam menjalankan puasa selama sebulan penuh.

2. Taubat.

Memohon ampunan dan bertaubat kepada Allah agar Yang Maha Kuasa menghapus dosa-dosa dan kesalahan yang telah diperbuat setahun sebelumnya.

3. Berpuasa sesuai syariat.

Menjalankan ibadah wajib puasa selama sebulan penuh sesuai dengan kaidah Islam, baik syarat maupun rukunnya seperti yang ditetapkan oleh Allah dan  dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW.

4. Mohon maaf kepada sesama

Sebelum masuk waktu Ramadhan, disarankan untuk meminta maaf kepada semua anggota keluarga, rekan bisnis atau rekan kerja, teman, tetangga serta kerabat yang dekat atau yang jauh.

5. Menghindari fitnah

Untuk kesempurnaan menjalankan ibadah puasa, sebaiknya menahan diri dari fitnah, menahan diri memfitnah atau mengguncing orang lain serta tidak melakukan perbuatan melawan hukum lainnya.

6. Membersihkan hati.

Yang dimaksud dengan membersihkan hati disini adalah menjauhkan dari iri hati dan kedengkian, menghindari sifat riya, sombong dan pamer serta semua penyakit hati lainnya.

7. Secara khusus minta ridho orangtua.

Mintakanlah restu dan ridho kepada kedua orangtua yang masih hidup. Memohon maaf kepada keduanya atas kesalahan yang mungkin timbul selama setahun terakhir.

8. Menjauhi sifat malas.

Menjauhkan diri dari bermalas-malasan selama berpuasa, tetap menjalani aktivitas sehari-hari dengan penuh semangat. Puasa tidak seharusnya menghalangi seseorang untuk tetap bekerja seperti hari-hari lainnya saat tidak berpuasa.[via Republika]

 

Demikian 8 cara persiapan yang perlu ditunaikan sebelum dan saat menjalani ibadah wajib puasa selama bulan Ramadhan.


Kategori : Hikmah diterbitkan Selasa, 16 Juni, 2015 oleh Siti Sofiati
Tags: