Sekolah Dasar ini Melarang Muridnya untuk Berpuasa Selama Ramadhan

Sebagian sekolah dasar di London, Inggris, membuat larangan berpuasa kepada muridnya selama bulan Ramadhan

StatusPagi.com – Dengan alasan kesehatan anak-anak akan menurun selama menjalankan puasa karena kegiatan sekolah yang padat, beberapa sekolah dasar di London melarang siswa-siswi muslim untuk berpuasa selama Ramadhan.

Puasa untuk Anak-anak

 

Dalam surat edaran yang dikirim ke orangtua wali murid, sekolah-sekolah tersebut menghimbau agar tidak mewajibkan anak menjalankan puasa selama mereka bersekolah. Beberapa sekolah dasar yang membuat larangan berpuasa tersebut diantaranya Barclay Primary di London Timur, Sybourn Primary, Thomas Gamuel Primary, serta Brook House Primary.

Karuan saja, larangan berpuasa untuk siswa SD tersebut memicu kontroversi di kalangan komunitas Islam di Inggris. Mereka meminta pemerintah ikut mengingatkan pengelola sekolah, bahwa aturan tersebut terlalu berlebihan. Meskipun puasa belum wajib untuk anak-anak SD yang belum baligh (dewasa), namun mereka yakin jika anak-anak tetap berpuasa selama sekolah, tidak akan terlalu berpengaruh dalam menjalankan kegiatan sekolah.

Surat kabar Telegraph mengutip dari juru bicara Masyarakat Muslim Inggris (ISB) Ajmal Masroor yang mengatakan bahwa surat larangan berpuasa tersebut terlalu berlebihan. Kekhawatiran pada kesehatan anak yang berpuasa semestinya dibicarakan terlebih dulu dengan orangtua siswa muslim.

Surat larangan tersebut juga seolah-olah membuat kesan bahwa para orangtua muslim mewajibkan anak-anaknya yang masih duduk di bangku sekolah dasar untuk berpuasa seharian penuh seperti halnya orang dewasa. Padahal anak-anak pada usia SD belum wajib untuk berpuasa.

Anak-anak usia SD diajarkan untuk menjalankan puasa semampu mereka. Anak-anak tersebut perlu memahami bahwa setiap bulan Ramadhan tiba, menjalankan ibadah puasa adalah kewajiban yang harus dijalani setiap muslim. Meski belum ada kewajiban untuk mereka, namun tidak ada salahnya mereka menjalaninya semampu mereka.

Orangtua tidak mewajibkan mereka untuk berpuasa penuh, tetapi pihak sekolah juga semestinya tidak perlu melarang siswa yang menjalankan ibadah puasa.

 

Surat kabar Daily Mail memberitakan bahwa dalam surat edaran yang diterbitkan oleh SD Barclay menyebut, pengalaman tahun lalu banyak siswa muslim yang jatuh sakit atau pingsan selama Ramadhan. Jika siswa sudah terlanjur berpuasa, maka sebaiknya siswa tersebut tidak perlu berangkat ke sekolah. SD Barclay juga menyarankan agar puasa hanya dijalankan saat akhir pekan saja saat sekolah libur.


Kategori : Hikmah, Sosial Media diterbitkan Senin, 15 Juni, 2015 oleh Siti Sofiati