Kontroversi atas Hebohnya Quiz ‘Ketika Tuhan Menciptakan Saya’

Quiz ‘Ketika Tuhan Menciptakan Saya’ yang terdapat pada situs Vonvon membuat heboh netizen, namun tak sedikit yang mengkritiknya.

StatusPagi.com – Sebuah situs yang diketahui berasal dari Korea bernama Vonvon berhasil menarik minat pengguna internet di tanah air. Tercatat jutaan orang mengunjungi situs tersebut dan memainkan aplikasi quiz yang ada di dalamnya. Dan yang paling bikin heboh adalah quiz ‘Ketika Tuhan Menciptakan Saya’.
Kontroversi Quiz Ketika Tuhan Menciptakan Saya

Quiz  ‘Ketika Tuhan Menciptakan Saya’ itu hanya meminta kepada kamu untuk memasukkan nama. Kemudian kamu klik tombol ‘Lihat hasil’ maka kamu akan dihantarkan ke laman berikutnya yang menggambarkan bagaimana ‘Tuhan membuat campuran’ sehingga menghasilkan kamu saat ini.

Quiz yang sederhana tersebut ternyata telah dimainkan lebih dari 4 juta kali! Cara main yang mudah dan hasilnya yang lucu serta bisa di share ke media sosial membuat situs Vonvon menjadi populer di tanah air. Quiz ini seperti mengobati rasa penasaran pengguna quiz tersebut dengan ‘ramuan’ apa Tuhan menciptakan manusia.

‘Ketika Tuhan menciptakan saya’ pun kemudian sempat masuk daftar trending topik Indonesia di Twitter. Seiring kepopuleran situs Vonvon dan quiz itu, kontroversi juga datang mengiringinya. Sikap kontra datang atas penggambaran seorang tua berjenggot panjang dan berkepala botak memegang gelas yang ‘membuat campuran’ penciptaan manusia.

Gambar orangtua itu ditengarai sebagai Tuhan yang menciptakan manusia. Banyak netizen yang menyesalkan Tuhan digambarkan seperti itu. Kritik atas quiz ‘Ketika Tuhan Menciptakan Saya’ pun juga ikut-ikutan populer di kalangan netizen.

Beberapa netizen juga menunjukkan dalil bahwa penciptaan Tuhan bukanlah untuk dipermainkan. Manusia diciptakan dengan sebaik-baik bentuk dan memiliki kelebihan dibanding ciptaan Tuhan yang lain.

Berikut salah satu  komentar netizen dan screenshot yang di posting di media sosial mengkritisi quiz ‘Ketika Tuhan Menciptakan Saya’

Marak game ‘Ketika Tuhan Menciptakan’. Disitu digambarkan Tuhan nya… Wahai saudaraku kaum muslimin. Pantaskah Allah yang Maha Mulia digambar? Agama kita yang sempurna ini tidak melarang becanda. Namun tidak diperkenankan bercanda dalam masalah agama,” tulis akun tadi.

 

Kontroversi atas Hebohnya Quiz  Ketika Tuhan Menciptakan Saya


Kategori : Sosial Media diterbitkan Sabtu, 13 Juni, 2015 oleh Siti Sofiati