193 Sekolah di Jakarta Ikut UN Berbasis Komputer

Berita

TEMPO.CO, Jakarta РSebanyak 193 SMA negeri dan swasta di DKI Jakarta akan menjalankan ujian nasional dengan sistem computer based test atau ujian nasional berbasis komputer.

Jumlah ini bertambah dibanding tahun sebelumnya, yang hanya tiga sekolah. Kepala Bidang SMA Dinas Pendidikan DKI Jakarta Fathurin Zen mengatakan persiapan UN sudah 99 persen. “Persiapan sudah hampir rampung,” katanya pada Jumat, 1 April 2016.

Dengan penambahan jumlah sekolah yang mengikuti UNBK, Fathurin mengatakan pihaknya sudah bersurat dengan PLN dan Telkom untuk membantu pelaksanaan ujian tersebut. “Kami berkirim surat dan buat MOU,” tuturnya. Hal ini dilakukan agar ¬†jaringan untuk mengerjakan ujian secara online dijaga.

Di sisi lain, pihak sekolah diharapkan mempersiapkan sarana-prasarana di sekolah agar ujian berjalan lancar. Contohnya sarana ruangan dan perangkat komputer.

Salah satu yang melaksanakan UNBK adalah SMA 74 Jakarta. Sekolah ini baru pertama kali melaksanakan UNBK. “Tahun lalu, kami masih pakai ujian tulis,” kata Kepala Sekolah SMA 74 Jakarta Markorijati.

Dia mengatakan pihaknya mempersiapkan diri selama setahun untuk bisa melaksanakan UNBK ini. “Kami bangun satu laboratorium bahasa yang bisa digunakan untuk ujian,” ucapnya.

Sekolah di Jalan Darma Raya Kebayoran Lama ini menyiapkan 78 unit komputer dengan delapan komputer cadangan. Perangkat itu dibagi menjadi dua ruangan. Masing-masing ruangan memiliki 39 komputer dengan empat cadangan. “Kami juga siapkan dua server untuk mendukung UNBK,” kata Wakil Kepala Sekolah SMA 74 Jakarta Slamet Wibowo.

UN SMA ini dijadwalkan dimulai 4 April 2016. Satu hari akan dilaksanakan ujian untuk satu mata pelajaran, yang dibagi menjadi tiga sesi. Pelaksanaan ujian dilaksanakan pada 4,5,6,7,11, dan 12 April 2016, untuk enam mata pelajaran yang diujikan.

Selain SMA, ada sepuluh madrasah aliyah negeri dan swasta yang melaksanakan UNBK. Total SMA dan MA di Jakarta ialah 564 sekolah. Dari total tersebut, 203 SMA dan MA melaksanakan UNBK, sedangkan sisanya melaksanakan ujian tertulis.

sumber : tempo.co | Ninis Chairunnisa

 

Leave a Reply